Jagung, Bahan Makanan Kaya Akan Manfaat

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Jagung, Bahan Makanan Kaya Akan Manfaat. Jagung adalah salah satu sumber karbohidrat yang kaya akan nutrisi penting dan serat. Di Amerika Serikat, jagung menjadi salah satu sereal yan paling populer. Tidak hanya sebagai sumber makanan penyedia kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Jagung juga kaya akan kandungan vitamin A, B, E dan ragam mineral. Kandungan serat dalam jagung yang cukup tinggi menjadikan jagung salah satu makanan yang berperan dalam pencegahan penyakit.

Dibalik kandungan serat nutrisi, vitamin dan mineral dalam jagung, manfaat jagung juga dapat bersifat sebagai antioksidan yang bertindak sebagai agen anti-kanker dan mencegah alzaimer. Jagung juga kaya akan phytochemical yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, pencegah penyakit jantung dan pencegah kecacatan pada saraf saat lahir, dengan nama lain neural-tube.



Untuk lebih jelasnya berikut pemaparan manfaat jagung untuk kesehatan tubuh, antara lain :

  1. Sumber Kalori : Sebagai salah satu sereal dengan nilai nutrisi tertinggi, jagung memiliki kalori sebanyak 342 kalori dalam setiap 100 gram,
  2. Sumber Mineral : Kandungan mineral dalam jagung sangat berlimpah, terdiri atas fosfor, magnesium, besi, mangan, seng dan tembaga. Pentingnya fosfor untuk memelihara pertumbuhan normal, kesehatan tulang dan ginjal. Sedangkan magnesium berfungsi untuk menjaga denyut jantung normal dan menjaga kekuatan tulang.
  3. Memiliki Kandungan Vitamin Melimpah : Jagung sangat kaya akan vitamin B, terutama Thiamin dan Niacin. Thiamin sangat berguna untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Sedangkan kekurangan Niacin erat kaitannya dengan penyakit Pellagra. Jagung kuning kaya akan vitamin A. Dalam biji jagung kaya akan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan alami.
  4. Pencegah Hemoroid dan Kanker Kolorektal : Jagung dapat membantu dan mengurangi masalah pencernaan serta menurunkan resiko kanker usus besar. Sebab kandungan serat dalam secangkir jagung berjumlah 18,4% dari jumlah serat yang direkomendasikan untuk kebutuhan tubuh dalam sehari.
  5. Menurunkan Kolesterol LDL : Hasil penenlitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi minyak kulit jagung  dapat menurunkan kolesterol LDL, yang merupakan jenis kolesterol buruk bagi tubuh.
  6. Perlindungan Diabetes dan Hipertensi : Dengan mengkomsumsi  jagung maka akan membantu pengelolahan non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM). Jagung juga cukup efektif untuk pengontrol hipertensi sebab jagung mengandung phytochemical fenolik.
  7. Mencegah Anemia : Kandungan vitamin B12 dan asam folat yang terdapat dalam jagung dapat berguna untuk mencegah anemia.
  8. Mencegah Kardiovaskular : Menurut peneliti, minyak jagung bersifat anti-aterogenik yang erat kaitannya dengan kadar kolesterol. Sehingga jagung dapat mencegah resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.  

Selain manfaat jagung untuk kesehatan tubuh seperti yang telah dipaparkan diatas. Jagung ternyata dapat bermanfaat untuk kosmetik dan kecantikan. Jagung yang dihaluskan ( tepung jagung ) dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik yang berfungsi menenangkan ruam kulit dan iritasi.

Semoga bermanfaat informasi Jagung, Bahan Makanan Kaya Akan Manfaat

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar