Asupan nutrisi dan gizi terbaik untuk ibu hamil

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share

Hallo bumil muda, ketemu lagi dengan ibu jenius di sini, buat para  bumil, asupan gizi dan nutrisi terbaik untuk ibu hamil sangat penting perannya dalam proses kehamilan agar janin yang di kandung tercukupi akan nutrisi makanan yang bergizi tinggi dan seimbang sehingga calon bayi yang di kandung akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan tips sehat ibu hamil, untuk jenis makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang baik dapat anda temukan dalam berbagai macam buah dan sayuran, namun saya tidak membahas buah dan makanan apa saja yang baik untuk ibu hamil, karena saya sudah membahasnya di..... Bumil juga bisa lihat hebatnya sari buah kurma untuk lbu hamil di artikel saya di sejuta manfaat / nutrisi sari buah kurma untuk ibu hamil.

Namun makanan dan buah yang baik bagi ibu hamil harus mengandung nutrisi dan gizi sebagai berikut :

Mengandung kalori.
Bumil harus dapat memenuhi kebutuhan kalori di atas normal(tidak hamil) yaitu 300 sampai 400 kkal setiap hari selama proses kehamilan. Bumil bisa mendapatkannya dari variasi makanan 4 sehat 5 sempurna, dengan komposisi seimbang sebagai berikut:

  • 55% kalori dari bahan umbi umbian dan nasi sebagai sumber asupan korbohidrat.
  • 35% berasal dari lemak nabati dan hewani.
  • 10% dari protein dan di sempurnakan dengan bahan sayur dan buah.


Asupan nutrisi Asam Folat.
Asam folat sangat penting dalam pembentukan sel sel sistem syaraf pada awal awal masa kehamilan atau trisemester pertama, pada masa awal kehamilan ini nutrisi asam folat yang di butuhkan tidak kurang dari 400 mikogram per hari.

Efek buruk janin yang kekurangan asam folat:

  • Janin mengalami kecacatan/tidak sempurna.
  • Kelainan bawaan seperti anenchephaly ( tanpa batok kepala).
  • Tulang belakang tidak bersambung.
  • Kelainan bibir sumbing.

Zat asam folat banyak terdapat pada sayur hijau dan buah, ibu jenius sarankan untuk konsumsi sari buah kurma karena kandungan asam folatnya sangat bagus bagi ibu hamil, lihat ulasannya di sejuta nutrisi sehat sari buah kurma untuk ibu hamil

Kebutuhan protein.
Protein sangat di butuhkan oleh lbu hamil sebagai pembentuk sel dan darah, untuk mencukupinya di butuhkan sebanyak minimal 60 gram perhari dari biasa sewaktu tidak hamil. Protein juga dapat berfungsi sebagai sumber kalori. Bumil bisa dapatkan nutrisi kalori dari tahu, tempe, daging, ikan dan telor.

Kandungan kalsium.
Minimal kebutuhan kalsium khusus ibu hamil adalah tidak boleh kurang dari 1000 mg setiap hari. Kalsium sangat membantu pertumbuhan tulang dan gigi, sistem syaraf dan kontraksi otot.

Kebutuhan vitamin A.
Vitamin A akan dapat membantu dalam memelihara kulit, nutrisi mata dan pertumbuhan tulang. Tapi ingat jangan berlebihan ya karena justru akan mengganggu pertumbuhan embrio kalau terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A.

Kecukupan zat besi.
Kurang zat besi akan berakibat anemia baik bagi bumil maupun bayinya, nutrisi zat besi yang di butuhkan sekitar 30 mg/hari. Zat besi sangat penting di berikan terutama jika ibu hamil menunjukan tanda tanda anemia.

Kebutuhan vitamin C.
Vitamin C akan membantu mempermudah penyerapan zat besi dan bermanfaat positif pada kesehatan gigi dan gusi.

Kebutuhan vitamin D.
Vitamin D akan sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang.  Vitamin D akan membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Oke bumil itulah tadi asupan gizi dan nutrisi terbaik yang harus di konsumsi untuk ibu hamil. Kalau ada nutrisi dan gizi yang baik pasti ada yang tidak baik, jadi andapun harus tahu agar tidak salah pilih makanan dan buah untuk ibu hamil, dan ibu jenius telah siapkan artikel tentang pantangan makanan yang di larang untuk ibu hamil. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel tersebut.
Semoga bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar