Konsumsi Rendah Garam, ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan!

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share

Para peneliti dari sebuah studi (dilansir oleh onlymyhealth) menemukan bahwa terdapat kesamaan antara diet tinggi sodium (red; garam) dan rendah sodium yang sama-sama tidak baik untuk kesehatan. Hal ini berbeda dengan stigma kita selama ini yang menganggap diet rendah garam lebih baik daripada diet tinggi garam.
Studi yang diikuti oleh 28.880 pria dan wanita berumur diatas 55 tahun menunjukkan bahwa sampai sekarang memang diet tinggi garam dapat membahayakan kesehatan, akan tetapi terlalu sedikit garam juga hampir sama berbahayanya bagi kesehatan. Hasil studi juga menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi garam 4-6 gram sehari dapat meningkatkan risiko gangguan jantung dan bahkan kematian jika dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi hanya 2-3 gram garam setiap harinya.

sebagai tambahan, peserta penelitian yang mengkonsumsi rendah garam terlihat tren meningkatnya rawatan di rumah sakit dan risiko kematian karena gagal jantung, kata peneliti.

Departemen Pertanian Amerika (USDA) telah mengeluarkan sejumlah rekomendasi dosis garam harian:
1. orang yang berusia diatas 51 tahun atau lebih yang menderita hipertensi, diabets, atau penyakit ginjal kronik harus menurunkan konsumsi garam harian menjadi kurang dari setengah sendok teh per hari
2. selain kelompok tersebut, dosis garam harian adalah maksimal 1 sendok teh atau sekitar 2.300 mg sodium per hari.


Ahmad Mujiburrahim
Author Metrokesehatan

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar