Penting ga sih bayi menendang-nendang selama kehamilan

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share

Banda Aceh, Merasakan pergerakan bayi oleh seorang ibu merupakan salah satu perasaan yang luar biasa dan pengalaman yang membahagiakan, terutama pada kehamilan pertama. Tendangan (red: gerakan) pertama biasanya dapat dirasakan pada umur kehamilan 13 minggu atau lebih setelah konsepi, tetapi kadang-kadang ada yang baru terasa setelah umur kehamilan 24 minggu (6 bulan). Setiap ibu sebaiknya memantau (red: menghitung) jumlah tendangan bayi setiap waktunya dari tendangan pertamanya. Berkurangya atau menurunnya jumlah gerakan dapat menunjukkan beberapa tanda bahwa ada suatu masalah yang terjadi pada bayi, oleh karena itu penting untuk menghitung jumlah tendangan bayi.

Beberapa hal yang harus diketahui:

The Quickening
Pergerakan pertama bayi dirasakan oleh ibu disebut quickening. Di awal kehamilan, ibu mungkin tidak dapat merasakan pergerakan bayi begitu sering karena bayi masih sangat kecil. Frekuensi tendangan bayi juga dipengaruhi oleh letak bayi didalam janin.


Terus pantau tendangan dan pergerakan bayi Anda
Ketika ibu sudah memasuki trimester ketiga, alangkah lebih baiknya membuat grafik pergerakan bayi dari awal kehamilan. The American Pregnancy Association telah memberikan standar bahwa pada umur kehamilan 28 minggu seharusnya seorang ibu dapat merasakan minimal 10 tendangan/gerakan bayi dalam 2 jam. Jika memang kurang dari jumlah tersebut sebaiknya ibu mengkonsumsi gula atau madu. Bisa saja penurunan tersebut disebabkan bayi sedang tidur. Akan tetapi jika sudah terlalu lama sebaiknya hubungi dokter.

Pola tidur bayi
Ibu sebaiknya memantau pola tidur si bayi. Kapan bayinya tidur dan kapan bayinya aktif di dalam kandungan. Hal ini bergunan, ketika ibu mengetahui bayi sedang dalam kondisi aktif maka ibu dapat mendengarkan musik, menyanyi, mengaji, dan membaca cerita untuknya walaupun masih dalam kandungan. Hal tersebut dapat membuat ikatan yang kuat antara ibu dan bayi bahkan sebelum lahir dan meningkatkan intelektualitas si anak.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar